Batagor

batagorSaya sangat suka dengan salah satu makanan khas dari Bandung, namanya Batagor. Waktu masih tinggal di jakarta, Batagor mudah di temukan karena banyak di jual di pinggir pinggir jalan  atau di jual di warung kaki lima. Lalu aku pindah ke Surabaya ikut suami, dan di Surabaya susah di temui Batagor yang rasanya enak, jadi jarang beli. Jika ada waktu senggang aku dan suami suka jalan dan menghabiskan waktu di sekitar Bandara Juanda, di situ banyak warung kaki lima yang menjual makanan seperti bakso, gado gado dan ada Batagor, ini yang menarik untuk makan di tempat itu, dan dengan suasana persawahan sambil kita bisa lihat pesawat yang mau Landing ataupun yang mau Take of, Poko e suasananya lumayan untuk menghilangkan jenuh, dulu rasa Batagornya enak tapi sekarang setelah di coba lagi kok enggak enak, apa yang punya sudah ganti ya, jadi nggak pernah beli Batagor lagi di luar karena seringan kecewa, dari pada kecewa coba aja bikin sendiri Batagornya, kata Suami ku, itu lebih sehat dan kita tau bahan yang kita pakai dan tidak ada kekhawatiran untuk menyantapnya. Lalu aku browsing internet mencari cara dan bahan yang mudah untuk membuat Batagor yang Sehat dan enak.

Nama Batagor ini sebenarnya diambil dari bahan yang digunakannya yaitu  Bakso dan Tahu Goreng. Rasa dari Batagor yang khas dengan bumbu kacang memang sangat enak dimakan saat siang/sore sambil mengisi waktu luang. Resep Batagor yang aku dapat ini dari Tabloidnova online, dan sepertinya mudah untuk di coba dan bahan bahannya aku refisi sesuai dengan selera.

Bahan:


300 gr daging ikan tenggiri, giling halus ( bisa daging ayam atau jenis ikan yang lain )
200 ml air es
100 gr tepung sagu
2 btg daun bawang, iris tipis
1 sdt bawang putih goreng, haluskan
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
10 bh tahu putih
20 lbr kulit pangsit
minyak untuk menggoreng

 Sambal Kacang:
4 bh cabai merah keriting, goreng
3 bh cabai rawit, goreng
3 siung bawang putih goreng, haluskan
250 gr kacang tanah goreng
250 ml air
1 sdt cuka masak ( saya tidak pake )
1 sdm garam
1 sdm gula pasir ( saya pake gula merah )

 Pelengkap:
kecap manis
jeruk limau

Cara Membuat:

  1. Campur ikan tenggiri dan air es, uleni sampai adonan tercampur rata. Tambahkan       tepung sagu, daun bawang, bawang putih, merica, dan garam, uleni hingga kalis.
  2. Bagi adonan menjadi dua bagian untuk isi tahu dan isi pangsit. Sisihkan
  3. Potong tahu menjadi bentuk segitiga, lubangi bagian tengah tahu, sisihkan isinya.
  4. Campurkan isi tahu dengan satu bagian adonan ikan, aduk rata. Isikan ke dalam lubang tahu. Lakukan hingga semua bahan habis. Kukus dalam dandang panas selama 15 menit. Angkat, sisihkan
  5. Ambil selembar kulit pangsit, isi dengan adonan ikan, satukan ujung-ujungnya ke atas hingga sisi-sisinya saling merekat dan berbentuk piramid. Lakukan hingga kulit pangsit habis, sisihkan
  6. Goreng tahu dan pangsit dalam minyak yang banyak dan panas hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat lalu sisihkan.
  7. Sambal Kacang : Haluskan semua bahan sambal, masak di atas api sedang hingga matang dan berminyak. Angkat
  8. Penyajian : Potong-potong tahu dan pangsit, siram dengan bumbu kacang,     tambahkan kecap manis dan air jeruk limau. Sajikan segera.
  9. Batagor sebaiknya baru digoreng saat akan disajikan supaya renyah.

 Waktu memasak bumbu kacang nya bisa ditambahkan daun jeruk supaya lebih segar, dan supaya bumbu memiliki aroma lebih wangi, gula pasir bisa diganti dengan gula jawa. Bahan cuka bisa diganti dengan perasan jeruk sambal yang bisa menambah citarasa dari bumbu kacang untuk batagor ini. Dengan membuat sendiri Batagor kita bisa memilih dan memakai bahan yang segar dan tanpa pengawet juga tidak pake penyedap rasa, dan dapat menambah daftar menu sehat yang aku miliki dan  batagor bisa jadi cemilan sehat dikala sore hari dan aku mau mengajarkan anakku untuk tidak membeli jajanan dari luar yang kita tidak tau kebersihannya.

 

 

Comments are closed.