Combro

combroMama ku datang dari Jakarta, mau lihat cucunya di Surabaya. Mama dan Bapak kalo datang tidak pernah dengan tangan kosong, pasti ada aja yang mereka bawa untuk cucu dan anak anaknya, kali ini mereka bawa oncom yang sudah di olah jadi masakan yang nikmat banget. Oncom yang dibawa di bagi 2 macam masakan, yang satu oncomnya di masak pakai lenca ( bentuknya bulat kecil warna hijau ), yang satu lagi tidak pake lenca, yang tidak pake lenca aku pakai sebagi isinya combro. Combro makanan rakyat yang rasanya juga terbilang nikmat. Dengan isian oncom di dalamnya, hmmm…nikmat deh!!!

Combro merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda, artinya oncom di dalam). Bentuknya bulat lonjong. Makanan ini enak disantap saat hangat, bisa dimakan dengan cabe rawit ataupun di cocol dengan bumbu kacang waaaauuu terbayangkan enaaaknya. Ini resep combro yang sudah saya coba bikin dan rasanya makyuuus, semua pada suka dan cocok untuk makanan ringan sore hari.

Resep Bahan Combro :

  • 1 kg gram singkong, kupas dan parut
  • 2 sendok teh garam
  • ½ butir kelapa yang tidak terlalu tua

Resep Bahan Isi Combro :

  • 200 gram oncom, cuci dan haluskan
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 5 batang daun bawang iris halus
  • 1 genggam daun kemangi
  • 10 cabe rawit
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Resep Bumbu Combro (dihaluskan) :

  • 2 buah cabai merah
  • 2 buah bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • garam dan gula menurut selera

Cara Membuat Combro :

  1. Isi : tumis bumbu halus sampai matang dan harum. Masukkan oncom, aduk, beri 100 ml air. Masak sampai matang dan air habis. Masukkan seledri, daun bawang, daun kemangi aduk sampai layu, angkat, dinginkan.
  2. Campur singkong parut, kelapa dan garam. Ambil 1-2 sendok makan adonan, bulatkan, tipiskan, beri 1/2 sendok makan adonan di tengahnya, tutup kembali, bentuk menjadi bulat telur. Jika suka pedas cabe rawit di masukan ke dalam adonannya.
  3. Goreng dengan api sedang hingga matang kecoklatan, tiriskan. Hidangkan selagi hangat dan empuk.

Combro merupakan salah satu dari makanan tradisional Indonesia yang perlu kita lestarikan, memang agak susah kita membuatnya, bukan cara membuatnya tapi mencari oncomnya yang susah apalagi kalo kita tinggal di luar Jakarta atau Bandung. Saya di bawakan oncom dari Jakarta, langsung saya cari singkong untuk membuat Combro. Combro rasanya pedas, gurih pokoe nggak kecewa deh kalo makan combro.

 

 

 

Comments are closed.