Fried Chicken Yang Sehat

fried chickenTertarik dengan salah satu artikel di kompas online tentang fried chicken yang sehat, tertarik karena siapa sich yang nggak tau tentang ayam goreng ala Amerika  yang di sukai oleh anak anak dan orang dewasa. Rasanya yang gurih dan bumbu nya yang meresap sampai ke dalam dagingnya serta tepungnya yang renyah.

Fried chicken tidak ada hanya di mall, restoran saja,  sekarang sudah banyak yang menjual nya di kaki lima, yang kita tidak tau akan kebersihannya, kesehatannya serta gizinya. Itu yang membuat para ibu khawatir jika anaknya selalu minta fried chicken sebagai lauk makannya. Meski di beli dari restoran besar belum menjamin fried chickennya layak untuk di makan serta aman untuk kesehatan.

Sebaiknya jika ingin makan fried chicken dengan tidak ada rasa khawatir sebaiknya kita membuatnya sendiri di rumah. Jika membuatnya sendiri, kita bisa memilih bahan serta bumbunya yang berkualitas baik, agar aman dan sehat untuk di santap oleh anak dan anggota keluarga yang ada di rumah. Ada beberapa trik untuk membuat fried chicken yang sehat dan lezat.

1.      Buang kulitnya

Fried chicken identik dengan kulit luarnya yang renyah, dan itu yang paling di sukai oleh anak maupun orang dewasa. Woow kalau kulitnya di buang bukan fried chicken lagi dong namanya karena nggak ada kriuk kriuknya, jangan bingung dulu karena yang membuat kriuk kriuknya itu bukan kulit tapi lapisan tepung serta bumbu yang ada di dalamnya, ayam tetap bisa renyah dan gurih jika di goreng asalkan dilapisi dengan tepung berbumbu. Kulit pada ayam mengandung lemak dan apabila di goreng kandungan lemaknya semakin banyak, dan kalau kita membuang kulitnya berate kita sudah mengurangi asupan lemak, dan fried chicken yang kita masak tetap renyah, gurih serta sehat.

2.      Rendam dalam bumbu

Daging ayam yang sudah di bersihkan sebaiknya di rendam dengan bumbu dulu sebelum di olah menjadi masakan agar bumbu meresap ke dalam daging ayam hingga dagingnya  terasa enak dan gurih. Rendam daging ayam dengan bumbu kira kira 30 menit dan bisa lebih, karena semakin lama di rendam bumbu semakin merasuk ke dalam daging, dan sebaiknya setelah di campur dengan bumbu perendam masukan ke dalam kulkas agar bumbu meresap sempurna dan rasanya tambah enak.

3.      Jangan di goreng

Biasanya fried chicken digoreng dalam minyak yang banyak dan panas agar matengnya merata dan renyah. Menggoreng dalam minyak yang banyak akan membuat kolestrol naik, dan tubuh akan rentan terhadap penyakit. Lebih baik fried chicken di panggang daripada di goreng dalam minyak yang banyak.

Caranya, dengan memanggang di oven. Panas kan terlebih dahulu oven, setelah panas masukan ayam yang sudah di bumbui ke dalam oven lalu panggang sampai berubah warna dan matang. Dengan memanggang ayam dalam oven yang panas menghasilkan ayam yang renyah, sehat, enak dan pastinya aman untuk di konsumsi. Setelah matang jangan langsung letakkan ayam di atas piring, itu akan membuat ayamnya tidak renyah lagi, sebaiknya setelah di keluarkan dari oven letakkan terlebih dulu di atas rak kawat, hal ini dapat memperlancar sirkulasi udara agar ayam tetap terjaga kerenyahan nya. Fried chicken yang enak di lihat dari rasa, kerenyahannya serta sehat.

4.      Pakai bumbu yang alami

Yang tidak kalah pentingnya adalah bumbu, fried chicken identik dengan rasa yang gurih dan itu yang membuat orang suka. Kalau kita membuat sendiri di rumah, kita bisa memakai bumbu dari bahan yang alami, segar dan tanpa bumbu penyedap. Bumbu penyedap itu yang membuat rasa menjadi gurih yang instan. Tanpa bumbu penyedap pun bisa mendapatkan rasa yang gurih serta enak dari bumbu yang masih segar dan alami, meski sedikit memakan waktu dalam pengolahannya.

 

Comments are closed.