Kolak Biji Salak Buatan Sendiri

biji salakUbi jalar salah satu tanaman yang akarnya berbentuk umbi, umbinya mengandung karbohidrat yang tinggi, dan tidak hanya umbinya saja yang bisa di manfaatkan, daun ubi jalar bisa untuk di buat menjadi sayur, rasanya lembut. Daunnya di rebus dan di cocol dengan sambal sangat cocok dengan nasi putih panas di temani dengan ikan asin.

Lagi pengen mau membuat sendiri kolak biji salak yang legit, sedikit kecewa waktu membelinya di salah satu supermarket, rasanya tidak karuan, hanya bentuknya saja yang cantik dan menarik perhatian. Saya tertarik untuk membeli karena ada rasa bangga ada makanan tradisional masuk ke supermarket, tidak hanya di isi dengan makanan pabrikan saja.  Apa sebelumnya pemilik / karyawannya tidak mencicipi terlebih dahulu agar yakin kalau yang mau mereka jual itu enak, tidak hanya bagus di penampilannya saja. Anak ku bilang, makanan nggak enak kok di jual ya ma, nggak mau lagi makan kolak biji salak wong nggak enak kok. Itu yang membuat hati sedih karena sudah promosikan ke anak kalau makanan tradional itu enak, bergizi dan sehat tidak kalah dengan kue kue buatan pabrik.

Saya tertantang untuk membuat sendiri di rumah, membuat kolak biji salak yang benar dan tidak asal asalan agar hasilnya akhirnya enak dan membuat anakku mau mencoba nya kembali sekaligus memperkenalkan makanan tradisional ke anak kita, anak jaman sekarang tidak mau melirik sedikit pun apa lagi untuk mencoba makanan yang mereka anggap aneh. Miriskan melihat perkembangannya, mereka lebih suka pizza, kentang goreng, chiki, biscuit dll yang belum tentu sehat.

Resepnya sederhana dan cara membuatnya tidak ruwet, aku mengajak anakku serta dalam pembuatannya agar semakin mencintai masakan sendiri dan makanan asli khas bangsanya, di cobain yukkk….

Bahan nya :

  • 1 kg ubi jalar
  • 250 gr tepung sagu
  • 1 butir kelapa, di parut
  • 1 sdt garam
  • 250 gula aren, disisir halus
  • 4 lemabr daun pandan

Cara membuat :

  • Cuci bersih ubi lalu rebus sampai matang, kupas dan di haluskan
  • Campur dengan tepung sagu sedikit demi sedikit sampai dapat di bentuk, bentuk menjadi bulatan bulatan lonjong, lalu masukan ke dalam air mendidih, kalau sudah terapung di angkat dan tiriskan.
  • Kelapa yang sudah di parut, ambil santan cairnya kurang lebih 750cc, dan 1 gelas santan kental
  • Campur santan cair dengan daun pandan, garam dan gula merah, masak sampai mendidih lalu kentalkan dengan menambah 1 sdm tepung sagu. Kemudian masukan biji salak.
  • Didihkan santan kental dan beri sedikit garam. Angkat.
  • Sajikan kolak biji salak dengan di siram santan kental

Setelah matang dan di makan bersama, anakku bilang, enak ma, kok yang di supermarket tidak enak ya. Apapun makanannya kalau di masak sendiri dengan hati yang penuh suka cita hasil akhirnya pasti bagus dan enak. Bisa menjadi salah satu menu sehat bagi anak dan keluarga kita.

Berilah yang terbaik untuk anak dan keluarga kita, tidak perlu yang mahal dan ruwet. Terkadang yang mahal belum tentu enak, hanya bagus di penampilan luarnya saja. Sederhana, murah kalau di olah dengan sungguh sungguh dengan tangan sendiri dan di sajikan dengan wajah ceria jauh lebih enak dan sehat.

Selamat beraktivitas….

Comments are closed.