Pancake Havermut

pancake havermutPancake biasanya bahannya dari tepung terigu, dan pernah membuatnya, jadi dan enak tapi terasa kok tambah berat ya. Apalagi anak dan suami suka banget dengat pancake, meski tidak ada campuran / isinya mereka tetap suka. Sudah lama aku stop nggak buat pancake karena merasa pancake itu makanan yang berat dan dapat membuat tubuh bertambah melar. Pancake dapat menjadi menu sarapan pagi ataupun menu bersantai bersama keluarga di sore hari, dan biasanya tanpa makan malam lagi. Soalnya perut sudah full dengan pancake.

Malam mingguan di rumah bersama anak dan papanya, meski papa sedikit nggak enak badan karena kena diare tetap saja bisa menikmati kebersamaan. Sewaktu 2 pria di rumah sedang asyik nonton film lepas di tv, aku asyik browsing di internet dan tertarik dengan salah satu menu yaitu pancake havermut. Ya itu dia yang selama ini aku cari yaitu pancake yang bahan dasarnya dari havermut semua nggak ada campuran tepung terigunya, karena terigu mengandung gluten yang susah di cerna di usus dan tidak bagus untuk pencernaan. Langsung deh aku catat dan simpan di blog agar sewaktu waktu mau buat pancake sudah ada resepnya, dan resepnya aku modivikasi sedikit sesuai dengan selera bersama. Trims ya yang sudah berbagi resepnya.

Bahan:

  • 200 g havermut di blender halus
  • 100 g gula halus (pakai gula pasir yang ada di rumah dan di blender sendiri menjadi gula halus dan kalau mau pakai kismis juga bisa, gulanya di kurangi aja biar gak terlalu manis)
  • 400 ml susu cair
  • 2 sdt garam
  • 4 butir telur ayam, pisahkan kuning dan putihnya ( resep aslinya 6 butir telur )

Pelengkap:

  • Pisang, dipotong kecil kecil, madu, meses, dan apa saja yang membuat selera dan tersedia di rumah

Cara membuat:

  • campur havermut, gula, garam,
  • Campur susu dan kuning telur, kocok pakai garpu/ spatula hingga licin dan rata. Masukkan ke adonan havermut, dan kocok sampai rata
  • Kocok putih telur hingga kaku, dengan mixer kurang lebih 15 menit, ini untuk pengembang alami, masukkan ke adonan havermut sedikit demi sedikit sambil di aduk , aduk rata
  • Panaskan wajan dadar telor anti lengket, olesi sedikit minyak/margarin
  • Tuangkan 1 sendok sayur penuh adonan ke dalam wajan..bisa taruh meses atau potongan pisang.
  • Bila kedua sisi sudah matang, angkat.
  • Siap di santap

Pancake havermut ini beda dengan pancake yang biasa di  makan, pancake havermut ini tidak pakai bahan pengembang dan pelembut sintetis, sehingga bentuknya tidak tebal seperti pancake biasa. Pancake havermut ini merupakan pancake sehat dan alami. Soal rasa jangan di tanya, uenak dan gurih dan waktu menyantapnya tidak khawatir akan tambah melar dan yakin apa yang masuk ke dalam tubuh kita ini adalah makanan yang sehat dan alami, semakin di sayang sama anak dan papanya.

 Sejak awal kita usahakan menerapkan pola makan dan hidup yang sehat dalam kehidupan kita, agar mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat, jiwa yang sehat. Itu semua dapat di peroleh dengan memperhatikan apa yang kita makan dan cara pengolahannya. Selamat berusaha.

 

Comments are closed.