Rawon Daging : Ciri Khas Makanan Surabaya

Rawon DagingRawon adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Rawon dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur khususnya Surabaya. Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil kecil. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Keluak mengandung senyawa hipotensif dan senyawa hipolipidemik, yakni zat yg dapat membantu mengendalikan kenaikan tekanan darah maupun kenaikan kadar lemak darah, terutama kolesterol.

Saya berbagi pengalaman saya  bagaimana mulanya saya mengenal Rawon Daging. Setelah 3 tahun di  Thailand kami sekeluarga kembali ke Surabaya dimana tempat suami mengajar, di Surabaya anak ku kena Alergi makanan dan tidak boleh makan sembarangan. Bulan pertama agak bingung mencari makanan apa yang bisa di makan sama anakku, anakku hanya bisa makan dengan lauknya daging sapi, daging babi, tahu dan tempe, tidak boleh sedikitpun kena penyedap rasa. Aku mencoba berbagai olahan makanan dari bahan bahan tersebut, dan suatu waktu anakku tidak mau makan, papanya membeli Rawon Daging dan anakku suka dan mau makan. Aku belajar membuat Rawon Daging sendiri karena khawatir kalo beli di luar takutnya di kasih penyedap rasa. Rawon daging menjadi makanan favorit anakku karena seringnya aku memasaknya sampe sampe ketika kami ke Jakarta ke rumah Kakek-neneknya, anakku minta di masakan Rawon Daging, karena di Jakarta susah mencari kluweknya ya nggak di bikinkan, ketika anak ku di ajak makan di restoran sama omnya dan di tanya mau makan apa, langsung di jawabnya Rawon Daging, om nya tertawa kalo di restoran ini tidak ada rawon, saking sukanya dengan rawon dan tidak pernah bosan. Berikut ini resep menu sehat dari Rawon Daging yang sudah saya praktekkan.

BAHAN:


½ kg daging lulur dalam, potong dadu
100 g taoge pendek
10 batang daun bawang, iris-iris kecil
1 sdm minyak goreng, untuk menumis
2 cm lengkuas, memarkan
10 cm pangkal batang serai, memarkan, simpulkan
1 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1.200 ml air ( sesuai selera)

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar di sangrai

1 kelingking kunyit
1 cm jahe
2 butir kemiri
2 buah cabai merah
4 buah daging biji keluwek ( direndam dulu dengan air panas agar lebih lunak )

1 sdm gula merah iris
1 sdt garam

CARA MEMBUAT:


1. Masak daging terlebih dahulu sampai daging lunak
2. Tumis bumbu halus, lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga harum, angkat.
3. Masukkan tumisan ke dalam daging rebus, aduk

4. Masak hingga daging sudah empuk dan bumbu sudah meresap di daging, angkat.
5. Tuang rawon dalam mangkok, taburkan tauge pendek di atasnya.

Biasanya Rawon Daging itu berlemak dan banyak gajihnya, saya tidak begitu suka dengan rawon yang banyak gajihnya maka saya memilih daging lulur dalam supaya tidak ada lemaknya, dan waktu daging di rebus akan keluar buih buih kecoklatan,  buih buih itu aku buang karena menurut ku itu akan mengurangi bau amis daging, kuahnya pun bening, juga mengurangi lemak, sehingga kita yakin kalo Rawon Daging nya tidak berlemak. Rawon Daging ini dapat menjadi menu sehat bagi keluarga.

Aku dan suami jika menikmati Rawon Daging tidak dengan nasi tapi kami tambahkan dengan buncis, taoge, wortel kukus minimal porsi sayurannya sama banyak dengan porsi dagingnya, dan dengan porsi seperti itu pun kita kenyang, itu sedikit resep menu sehat dari saya.

 

 

 

 

Comments are closed.