Resep Cimpa Tuang

cimpa tuang 3Cimpa Tuang adalah salah satu makanan khas dari daerah Tanah karo. Rasanya gurih dan manis. Cimpa biasanya di hidangkan pada saat Kerja Tahun ( pesta kampung ) yang dirayakan setiap tahun. Ada lima jenis cimpa yaitu, cimpa tuang, cimpa gulame, cimpa bicara siang (matah), cimpa unung-unung, cimpa lepat. Kue khas Suku Karo ini biasa di sajikan bila ada acara besar, misalnya acara memasuki rumah baru,acara perkawinan, acara nujuh bulanan, acara kebaktian rumah tangga dsb.  Sehingga Cimpa ini bisa disebut juga kue yang bisa kita dapat dan nikmati kala ada acara spesial, atau acara besar lainya, maka bisa dikatakan Cimpa merupakan salah satu makanan tradisonal Karo.

Waktu papanya Natan Ulang Tahun, aku mau buat yang special yang belum pernah aku bikin dan jarang di makan kalo tidak pulang ke Tanah Karo. Di kulkas ada gula aren kiriman dari adek yang baru pulang dari Medan, lalu teringat untuk membuat Cimpa Tuang, pas ada mertua di rumah jadi sekalian belajar dan memperkenalkan kepada Natan makanan khas dari Tanah karo.

Kalo berhasil cimpa tuangnya mau di bawa sebagian ke Sermon. Bahan bahannya sederhana dan gampang di cari, Cuma agak lama masaknya karena dimasak sedikit sedikit ( capek berdirinya ).

Bahan yang diperlukan:

  • 1 kg tepung beras
  • 1 kg gula aren di iris halus
  • 1 buah kelapa
  • Garam sedikit

Cara mambuat:

  • Tepung beras diencerkan dengan santan kelapa dan gula aren yang sudah di iris halus sehingga menjadi adonan yang kental.
  • Kemudian ditambah dengan sedikit garam
  • Siapkan wajan yang agak tebal, sebaiknya yang tidak lengket (teflon).
  • Olesi sedikit minyak goreng setelah wajan panas.
  • Masukkan adonan ± 1 sendok sayur, tutup sampai mengering kemudian dibalik, dimasak sampai matang di atas api kecil.

Adonan  1 sampai ke 5 belum berhasil, yang ketebalan dan ketipisan,  setelah adonan ke 6 ketebalan nya baru pas, rasanya juga enak, tidak terasa aku sudah habis 10 potong. Karena hasilnya bagus jadilah Papa Natan bawa cimpa tuangnya.

Cimpa Tuang ini cocok sekali untuk menu anak sehat karena free gluten dan bisa jadi variasi makanan sehat untuk anak, Natan suka meskipun pertamanya susah untuk di suruh mencoba makan, setelah di coba ketagihan deh…Meski ini makanan tradisonal Suku Karo tapi siapa saja bisa mencobanya.

 

Comments are closed.