Resep Pepes Pindang Ikan Salem

pepes pindang salemBakul sayur sering bawa ikan pindang, ada pindang tongkol, pindang salem, dan ada pindang ikan kecil kecil, aku nggak tau namanya apa. Aku alergi makan ikan tongkol, bisa gatal gatal dan kulit bercak bercak merah, jadi aku nggak pernah beli. Lihat di warung pecel ada pepes pindang, jadi pengen makan pepes ikan pindang, tapi yang ada pepes ikan tongkol dan aku nggak berani untuk mencoba makannya takut kumat alerginya.

Aku cerita sama Mbak Yah, pengen makan pepes ikan tapi gak ada yang ikan salem, mau coba bikin sendiri takut nggak berhasil karena belum pernah liat cara membuatnya, walaahh bu, gampang kok buatnya, besok tak bikin kan, beli aja bahan bahannya. Ikan pepes itu bisa jadi alternatif  menu ikan yang sehat, karena selama ini ikan di goreng, di gulai dan di goreng lagi…jadi banyak makan minyak dan boros, dan tidak sehat.

Besok paginya aku beli deh semua bahan bahan untuk ikan pepesnya, ketepatan bakul sayur bawa pindang salemnya besar besar, jadi enak untuk di buat pepes. Ini resep dari Mbak Yah…yuk kita coba.

Bahan :

  • 5 keranjang pindang salem, 10 ekor ikan
  • Daun pisang untuk membungkus
  • 2 ikat daun kemangi
  • 1 genggam belimbing wuluh, potong serong 1cm
  • Lidi untuk menyemat daun pisang, di potong kecil

Bumbu halus :

  • 7 siung bawang merah
  •  4 siung bawang putih
  • 3 tomat buah yang besar
  • 7 kemiri
  • 15 cabe merah
  • Cabe rawit sesuai selera
  • ½ sdm garam / sesuai selera
  • 1 sdt gula pasir / sesuai selera

Cara membuat

  • Daun pisang di jemur sampai layu ( supaya tidak pecah waktu di buat bungkus )
  • Ikan di bersihkan dan di buang dibuang kepala dan  durinya
  • Kemangi hanya di ambil daunnya dan di cuci bersih
  • Semua bumbu di haluskan
  • Campur ikan, daun kemangi, belimbung wuluh dan bumbu halus lalu di aduk sampai rata
  • Bungkus daun pisang masing masing 2 belah ikan pindang, lalu disemat dengan lidi.
  • Kukus kira kira 30 menit, dan siap di santap.

Pepes pindang salem nya maknyosss….rasanya, asam, manis, asin poko e komplit deh rasanya dan dimakan dengan nasi panas dan sayurnya bisa sayur bening bayam, sayur asem dan nggak pake sayur juga nendang kok. Natan suka banget meski terasa pedas…dan pasti tambah nasinya.

Seru juga mencari resep menu sehat untuk di rumah, karena lebih baik dari sejak awal kita makan yang sehat dan tubuh kita ini di beri asupan bergizi dan sehat, nggak rumit kok bikinnya, asal hati senang dan penuh dengan cinta. Pastinya kita senang bisa menyajikan menu sehat untuk keluarga kita. selamat mencoba dan mari kita bertukar resep menu sehat dan untuk menambah variasi menu sehat kita.

 

 

 

Comments are closed.