Sukses Membuat Cake

Sukses Membuat CakeMembuat cake itu gampang gampang susah, takarannya sudah sesuai tapi hasil kuenya bantet, itu yang membuat jengkel. Ternyata membuat cake itu tidak hanya takarannya saja yang perlu di perhatikan, alat alat dan perlengkapannya musti di perhatikan. Setelah melalui proses gagal berulangkali dalam mebuat cake, saya mendapatkan cara untuk sukses membuat cake menurut pengalaman pribadi.

  1. Awalnya siapkan semua wadah dan peralatan untuk mengocok telor, dan wadah serta peralatannya harus kering, bersih dari kotoran dan tidak berminyak. Sedikit saja ada air dan minyak tercampur dalam telor,  adonan kue tidak akan bisa mengembang.
  2. Semua bahan yang di pakai berada pada suhu ruangan, misalnya telur, jangan gunakan telur yang baru di ambil dari kulkas, dan sebaiknya diamkan dulu telur yang dingin beberapa jam sebelum dipakai / kalau tidak sabar menunggu, beli telor saja di warung.
  3. Timbang semua bahan dengan cermat agar mendapat hasil yang sempurna, karena cake bisa keras dan terbelah jika komposisi tepung dan telur tidak seimbang.
  4. Waktu mencairkan mentega / margarin tidak usah sampai mendidih, cukup dihangatkan saja. Sebelum mentega / margarin cair semua, api sudah dimatikan dan sisa mentega akan mencair sendiri karena suhunya masih hangat. Diamkan beberapa saat mentega / margarin cair hingga agak dingin baru di campur ke dalam adonan.
  5. Pastikan mentega cair tercampur dengan rata, karena kalau tidak rata akan membuat cake bantet dan waktu mengaduk adonan usahakan spatula mencapai dasar mangkuk untuk memastikan tidak ada mentega yang tertingal di dasar mangkok.
  6. Waktu tepung di masukan ke dalam adonan telor, aduknya pakai sendok karet / sendok kayu ( spatula ), jangan pakai mixer meski dalam kecepatan rendah, karena akan membuat cake tidak mengembang dengan sempurna
  7. Cara mengaduk adonan yang sudah bercampur dengan tepung yaitu dengan cara aduk balik / aduk lipat. Aduk balik / aduk lipat adalah suatu tehnik mengaduk adonan untuk mencampur adonan yang ringan ke adonan yang lebih padat / kental.  Caranya,  spatula sampai menyentuh dasar mangkok dan kembali ke atas sambil adonannya di balik / di lipat ke depan. Cara ini sudah di praktekan dan berhasil dan cake dapat mengembang dengan bagus.
  8. Sebelum memasukan adonan kedalam oven, sebaiknya oven di panaskan terlebih dahulu kira kira 15 menit. Bila oven masih dalam keadaan dingin / kurang panas sudah di masukan ke dalam oven membuat adonannya turun sebelum mengembang, dan kue akan bantet jadinya. Pastikan ovennya sudah panas dan jangan sering di buka tutup, untuk memeriksa cake dapat di lakukan setelah ¾ waktu memasak.
  9. Panaskan oven setelah selesai mengocok adonan telur, agar mendapat suhu panas yang tepat dan tidak kelamaan waktu memanaskannya.
  10. Oles cetakan / Loyang secara merata dengan mengolesinya dengan mentega dan di taburi dengan tepung terigu  agar cake mudah di keluarkan dari Loyang. Ratakan taburan tepung terigunya agar kulit cake tidak penuh dengan bercak putih.
  11. Mentega cair sebaiknya di campur pada saat terakhir setelah semua adonan tercampur rata, jika menteganya yang di pakai tidak cair, kocok dengan gula sampai gulanya halus dan mengembang sedikit, lalu masukan telur kocok hingga rata dan mengembang, baru masukan bahan lainya sesuai dengan resep cake.
  12. Jika cake sudah matang, diamkan dulu dalam Loyang, sekitar 5-10 menit, setelah agak dingin baru cake di balikkan ke piring.

Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi teman teman yang senang berkreasi di rumah membuat cake / bolu untuk keluarga tercinta. Selamat beraktivitas.

 

Comments are closed.