Tahu Tek : Resep dan Cara Membuat

tahu tekPertama kali makan Tahu Tek di Surabaya, dan merupakan makanan khas dari kota Surabaya, rasanya seperti ketoprak Jakarta, bedanya Tahu Tek tidak pakai miehun, saya sampai ketagihan, Biasanya Tahu Tek di jual malam hari, di jual pakai pake gerobak dorong, jadi kalau mau beli harus sabar karena mereka tidak mangkal di suatu tempat tapi berkeliling sambil mengeluarkan suara yang khas, tek, tek, tek. Kenapa makanan itu disebut tahu tek? konon, dulu tahu macem gini dijajakan pake rombong, ngider keliling jalan. untuk ngundang calon pembeli, itu sutil dipukul-pukulkan ke wajan, jadi bunyinya tek-tek-tek. Suaranya bisa terdengar cukup jauh di malam hari, itu tandanya kalau ada penjual Tahu Tek lewat. Ada keunikan lain dari  bunyi tek-nya itu yaitu dari gunting, cara motong tahu, kentang, dan lontongnya menggunakan gunting, bukan pisau. Terus terang saya belum pernah mencoba membuat Tahu Tek, baru kemaren sempat mencobanya di dapur sendiri, hasilnya lumayan tidak begitu mengecewakan. Saya tertarik untuk mencobanya karena Tahu Tek ini rasanya unik, dan terkadang kalo sudah kepengen dan dapat Tahu Tek yang tidak sesuai selera (tidak enak ) kecewa banget, Pas banget seorang teman kasih petis yang enak makanya rugi kalo tidak coba bikin sendiri.

Tahu tek terdiri dari lontong, tahu dan kentang yang digoreng. Lalu bahan-bahan ini dipotong kecil-kecil, lalu dicampur bahan seperti kentang, tauge,  maupun telur.  Sementara itu tidak ketinggalan juga bumbunya. Mau pedas atau nggak pedas itu terserah kita, sambalnya merupakan campuran petis, kecap, kacang, dan cabai, namun rasa petisnya lebih menonjol, lalu atasnya disiram dengan bumbunya, tentunya bumbu tersebut lalu ditaburi dengan taoge kecil dan kerupuk.  Mmm, maknyoss.

Bahan utama tahu Tek:

  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 buah  tahu putih, di potong-potong di goreng
  • 1 sendok teh garam
  • 2 btr telur ayam
  • Bahan Halus
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan kacang tanah goreng
  • 2 buah cabai rawit ( Sesuai selera)
  • 2 siung bawang putih di goreng
  • 1 sendok makan petis udang
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Air secukupnya
  • Gula merah ( secukupnya)

Bahan Pelengkap tahu Tek:

  • Bawang merah goreng
  • Seledri iris halus
  • Daun bawang iris halus
  • Tauge pendek di seduh air panas
  • Kentang (direbus)
  • Timun
  • Lontong
  • Kerupuk

Cara membuat tahu tek:

  • 1 Kocok telur dengan garam dan merica hingga rata.
  • 2 Campur irisan tahu dengan telur hingga rata.
  • 3 Bagi menjadi 4 bagian dan goreng menjadi dadar hingga matang kedua sisinya. Angkat.
  • 4 Haluskan semua bumbu, beri air secukupnya
  • 5 Susun semua bahan diatas piring, dimulai dari lontong, telur dadar, kentang, tahu, timun dan tauge
  • 6 siram dengan bumbu kacang diatasnya
  • 7 Sajikan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk

Ternyata membuat Tahu Tek itu gampang dan cepat jadi bisa di sajikan sebagai sarapan di pagi hari.  Tahu Tek jadi menu favorit keluarga, dan jika kita mengolah dan masak Tahu Tek sendiri akan jadi menu sehat karena kita tau akan kebersihan dan kesegaran bahan bahannya dan tidak dikasih penyedap rasa jadi kalo lagi pengen Tahu Tek aku tinggal bikin aja dan bye…bye… Mas Tahu Tek Tek…

 

.

Comments are closed.