Tips Membuat Agar Agar Dalam Berbagai Kreasi

Tips membuat PudingAgar agar atau puding biasanya di sukai oleh banyak kalangan baik itu anak anak sampai orang tua. Rasanya yang manis, tekstur nya lembut dan cara membuatnya mudah sekali. Kita bisa membuat agar agar / puding dari yang sederhana sampai yang agak ruwet dengan banyak campuran dan isinya. Bisa di sajikan sebagai hidangan penutup jika ada acara keluarga, pesta maupun untuk cemilan anak. Supaya anak makin suka dengan agar agar, kita bisa membuatnya dengan berbagai bentuk dan warna, tampilannya lebih menarik dan menggoda selera.

Agar agara atau puding biasanya di simpan di lemari es terlebih dahulu, dan waktu dimakan dalam keadaan dingin lebih enak dan segar. Banyak kreasi bisa di buat dari agar agar, misalnya puding coklat, puding susu, puding buah dll, yang penting kita tau ukuran air yang digunakan agar mendapat hasil yang bagus dan tidak mengecewakan. Di bawah ini ada tips membuat agar agar dalam berbagai macam kreasi. Kita memahami terlebih dahulu agar agar atau puding yang bagaimana yang mau kita buat agar tidak salah membuat dan mengecewakan.

  • Sebelum dipakai, wadah untuk puding sebaiknya dibasahi dulu dengan air matang, agar puding mudah lepas dari wadahnya.
  • Rebus air, gula, dan agar-agar sekaligus. Memasukkan agar-agar bubuk saat air sedang panas akan membuat puding menggumpal.
  • Jika campuran puding berupa jus buah, sebaiknya jus dicampur setelah agar-agar mendidih. Jika jus buah dimasak bersama agar-agar bubuk, maka hasilnya puding tidak akan mengeras.
  • jika campuran puding terdiri atas susu dan sari buah (cocktail), masaklah susu lebih dulu dengan agar-agar bubuk sampai mendidih, kemudian baru campurkan air cocktail-nya. Kalau air cocktail dicampur sejak awal, susu akan pecah.
  • Jika menggunakan kuning telur, sebaiknya tidak dimasak bersamaan dengan agar-agar, karena kuning telur akan matang dan menimbulkan bercak-bercak seperti serabut. Sebaiknya campur kuning telur dengan sedikit agar-agar panas, aduk hingga rata, baru dicampur ke agar-agar mendidih.
  • Bila campurannya putih telur, kocok dulu hingga kaku, baru campurkan ke agar-agar yang sudah tidak terlalu panas. Dengan demikian, agar-agar dan putih telur akan tercampur rata.
  • Agar-agar yang terlanjur mengeras sebelum dipakai bisa dicairkan kembali dengan jalan di-tim. Atau dimasak ulang dengan tambahan sedikit air matang dan aduk sampai mencair kembali.

Tips di atas aku dapat dari kompas online dan sewaktu aku baca, kok langkah langkahnya sama dengan apa yang selalu aku lakukan jika membuat puding untuk keluarga. Aku mendapat cara membuat berbagai macam kreasi agar agar dari pengalaman sendiri, dari pengalaman teman, dan dari pengalaman mama ku tersayang. Beliau senang masak dan berbagi tips kepada anak anaknya yang mau belajar masak. Terlebih aku senang membuat agar agar atau puding dari yang sederhana sampai yang sedikit ruwet karena anakku suka sekali dengan yang namanya puding, tapi ada tapinya lo…sukanya puding yang rasa segar dari buah buahan, nggak suka puding yang pakai telur ataupun susu, eneg katanya.

Cara menyajikan agar agar yang di sukai oleh anakku ada 2 macam yaitu :

  • Agar agar serut, untuk membuatnya air di kurangi agar hasilnya lebih padat, yaitu untuk 1 bungkus agar agar bubuk di gunakan 500 ml air, di rebus sampai mendidih, masukan ke dalam cetakan setelah dingin baru masukan ke dalam lemari es dan bekukan. Setelah beku baru kita serut dan bisa di campur dengan es batu, buah buahan serta sirup, dan untuk lebih menarik bisa kita gunakan dengan agar agar yang beraneka warna.
  • Puding tahu, bahannya bukan dari tahu lo…namanya saja puding tahu karena pudingnya lembut seperti tahu. Puding tahu ini dibuat lain dari pada puding umumnya, di sini lebih banyak menggunakan air agar hasilnya lembut. Karena teksturnya lembut puding tahu ini tidak bisa di cetak. Setelah mateng, adonannya langsung di masukan ke dalam wadah ataupun ke dalam cup atau mangkuk saji. Masukan ke dalam lemari es selama 2 hari supaya agak keras sedikit. Untuk penyajiannya bisa di tambah es buah di atasnya. Es buahnya bisa kita buat belakangan. Di anjurkan agar membuat sendiri es buahnya agar lebih sehat dan terjamin tidak ada pakai bahan pengawet dan penyedap rasa. Kalau tidak mau repot bisa di tambahkan fruit cocktail kalengan yang bisa kita dapat di supermarket. Air yang di gunakan untuk sebungkus agar agar bubuk 1500 ml sampai 1800 ml susu cair untuk membuat puding tahu.

Mudahkan membuat agar agar ataupun puding, bila waktu kita sedikit bisa membuat puding sederhana, jika lagi libur bisa membuat puding yang sedikit lebih ribet dan bervariasi agar tidak bosan dan dapat menambah ilmu kita dalam membuat puding. Meski banyak di supermarket maun di toko toko yang menjual puding instan yang tinggal di kasih air panas sudah jadi, tidak membutuhkan waktu lama dan tidak ribet, tapi masih jauh lebih baik dan sehat membuat puding sendiri. Kita bisa membuatnya dari bahan yang masih segar, baik, dan pastinya tidak pakai pengawet dan penyedap rasa, semua bahan yang kita pakai yang alami dan baru.

Selamat mencoba dan langsung praktek ya….

Comments are closed.